Jumat, 04 Februari 2011

Trik Ampuh Hilangkan Stretch Marks

Stretch marks atau guratan-guratan putih di tubuh memang bisa menjadi salah satu mimpi buruk kaum perempuan. Biasanya, tanda tersebut muncul di area perut, paha, dada atau bokong karena keelastisitasan kulit berkurang.

Umumnya, stretch marks muncul pada para ibu pascamelahirkan. Tapi, bekas ini juga bisa timbul akibat pengaruh ketidakseimbangan hormon atau obesitas. Jangan biarkan guratan-guratan tersebut merusak kepercayaan diri Anda. Berikut ini adalah sejumlah trik untuk menghilangkannya :




  • Vitamin E
Pijat seluruh tubuh dengan minyak yang kaya akan vitamin E sebelum mandi. Jika kehabisan minyak, belah dua kapsul vitamin E Anda dan oleskan langsung gelnya ke kulit. Khasiatnya sama saja. Selain itu, konsumsi pula makanan kaya vitamin E seperti kacang kedelai, wortel, paprika merah atau kuning, tomat, dan oatmeal.

  • Cocoa butter
Oleskan losion yang kaya akan cocoa butter ke seluruh permukaan kulit. Kandungan tersebut ampuh untuk menyamarkan stretch marks. Oleskan cocoa butter sebanyak 3-4 kali dalam sehari, khususnya setelah mandi. Sebab, pada saat itu kulit masih lembap sehingga losion akan lebih mudah diserap kulit.

  • Susu dan putih telur
Selain vitamin E dan cocoa butter, susu dan putih telur juga memiliki khasiat menghilangkah stretch marks. Jika Anda tidak tahan mencium bau putih telur, tambahkan beberapa tetes minyak vitamin E, lavender, castor, atau almond, lalu oleskan campuran tersebut sebagai masker ke permukaan kulit. Diamkan selama 15-20 menit sebelum membasuhnya. Lalu, usapkan losion cocoa butter ke seluruh tubuh.

  • Kopi
Bubuk hitam kopi juga bisa dijadikan masker exfoliating yang efektif. Caranya, giling biji kopi dan tambahkan beberapa butir gula. Campur dengan losion bayi, lalu gosok lembut di kulit yang terlihat stretch marks-nya. Jangan terlalu kuat menekan, karena kulit bisa lecet dibuatnya. Gunakan masker ini sekali dalam seminggu selama 2-3 bulan.

  • Shea butter
Anda juga bisa memilih losion shea butter yang kaya akan vitamin E dan A. Selain menghilangkan stretch marks, losion ini juga membuat kulit lembut dan kenyal bak kulit bayi. Oleskan losion sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari, terutama setelah mandi.

  • Sayuran hijau
Mengonsumsi sayuran hijau serta menghindari rokok dan alkohol, juga mampu menyamarkan stretch marks. Rokok dan alkohol bisa menghilangkan pelembap esensial tubuh, sehingga membuat stretch marks semakin terlihat dan dalam. Selain itu, hindari berolahraga terlalu berat yang mengakibatkan penurunan berat badan secara drastis. Sebab, hal itu juga memicu munculnya stretch marks.

  • Air putih
Jaga tubuh tetap terhidrasi dengan mengonsumsi 8-10 gelas air putih perhari, agar kulit tetap kenyal.

 

Penulis : Yulia Permata Sari
Source : www.mediaindonesia.com/mediaperempuan.com

0 komentar:

Posting Komentar