Rabu, 23 Februari 2011

5 Cara Mengatasi Gangguan Fisik di Kantor



Bekerja seharian di kantor bisa mengganggu fisik Anda. Salah satu penyebabnya adalah furnitur di kantor yang tak mendukung kerja. Staples Inc merilis survei, 86 persen pekerja merasa tak nyaman dengan furnitur kantor, dan 70 persen menyatakan tempat kerjanya tak ergonomis. Tak mengherankan, jika di pengujung hari suasana hati tak menyenangkan karena fisik lelah tak didukung fasilitas kerja yang nyaman seharian.

"Fasilitas kantor yang ergonomis bisa mengurangi stres saat kerja, terutama pada mata, leher, punggung, bahu, dan pinggang," kata Carla M Jaspers, terapis di Brooklyn New York.

Rasa sakit pada tubuh, lanjut Jaspers, disebabkan saraf yang menegang, sirkulasi darah tak lancar, serta otot dan urat yang lelah. Gangguan fisik ini muncul bukan tanpa sebab. Posisi bekerja yang statis dan postur yang tak benar membuat tubuh tak diberi kesempatan untuk bergerak leluasa dan nyaman.

Ada lima gangguan fisik dan cara mengatasi masalah ketidaknyaman saat bekerja di kantor.


  1. Ketegangan pada mata dan sakit kepala. Minimalisasi cahaya yang terlalu silau, terutama dari radiasi komputer di meja kerja. Tempatkan monitor pada sudut 90 derajat ke sumber cahaya seperti jendela atau lampu. Jika posisi ini tak memungkinkan, berikan filter cahaya pada monitor Anda.
  2. Leher dan punggung sakit. Solusinya atur posisi monitor. Tingginya harus 60 cm dari kepala Anda dengan posisi layar tengah 10-20 derajat di bawah sudut mata.
  3. Sakit pinggang. Sebanyak 86 persen karyawan bekerja dengan papan tik yang desainnya tidak ergonomis dan 69 persen mengalami sakit pinggang. Jika ini terjadi pada Anda, solusinya adalah menyesuaikan posisi keyboard dan mouse dengan badan Anda. Caranya, saat papan tik dan mouse berada pada tempat semestinya, bahu Anda tidak membungkuk, siku nyaman di kedua sisi, pergelangan tangan paralel dengan lantai dan pinggang di posisi netral. Papan tik dan mouse sebaiknya mudah dijangkau tubuh Anda. Jika ingin sempurna, Anda perlu merancang meja papan tik yang sesuai dengan postur tubuh.
  4. Postur yang salah mengganggu fisik Anda. Survei Staples membuktikan bahwa 82 persen pekerja merasa tak nyaman dengan kursi mereka. Sebanyak 54 persen dari mereka merasa perlu mengganti kursi di kantor untuk menyesuaikan dengan postur tubuh. Satu-satunya solusi untuk mengatasi masalah ini adalah mengganti kursi yang layak. Jaspers menyarankan untuk memilih kursi dengan bantalan belakang yang penuh dan penyanggah tangan yang bisa disesuaikan. Dudukan kursi juga sebaiknya menyangga pinggang dan pinggul.
  5. Fisik kelelahan. Solusinya, rehatlah sejenak. Berikan kesempatan kepada tubuh untuk bergerak. Berada dalam posisi statis dalam waktu lama akan membuat tubuh lelah. Lakukan peregangan atau berjalanlah sebentar di sekitar kantor.

Semoga bermanfaat.

Editor : Dini
Source : http://female.kompas.com/read/2011/02/23/08275883/5.cara.mengatasi.gangguan.fisik.di.kantor

0 komentar:

Posting Komentar