Rabu, 26 Januari 2011

Ketahui Tanda dan Cara Memperlambat Penuaan Rambut

Ketahui Tanda dan Cara Memperlambat Penuaan Rambut

Tidak hanya di kulit, penuaan juga bisa terjadi pada rambut. Apa saja tanda-tandanya dan bagaimana memperlambat penuaan rambut? Ketahui jawabannya di bawah ini, seperti dikutip dari idiva:

Tanda-tanda Penuaan pada Rambut

Seiring bertambahnya usia, rambut juga akan semakin melemah dan rapuh. Rambut juga menjadi kering dan menipis. Pada usia 40-an, wanita juga akan mendapati rambutnya mulai melambat pertumbuhannya.

"Normalnya, rambut akan memutih pada usia 30-an. Ketika muda, rambut terlihatlebih bervolume dan berkilau. Sementara saat menjelang menopause, volume rambut akan sedikit berkurang dan ada beberapa perubahan pada tekstur rambut," jelas ahli kesehatan rambut Dr Apoorca Shah.

Bagaimanapun juga, keadaan ini tidak bisa digeneralisasikan. Karena perubahan pada rambut bisa berbeda-beda tergantung pada kondisi dan gen seseorang.

Beberapa Cara Memperlambat Penuaan Rambut

- Lakukan pemijatan menggunakan minyak pada kulit kepala minimal satu kali seminggu. Cara ini akan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Anda bisa menggunakan minyak kelapa, minyak kemiri, minyak zaitun atau urang aring. Menurut Dr Apoocar, minyak adalah kondisioner alami yang terbaik untuk rambut.

- Rambut sama seperti anggota tubuh lainnya yang memerlukan nutrisi. Agar rambut kuat dan sehat, konsumsi makanan yang mengandung susu, kacang almond, kacang kedelai, walnut dan minum air putih tiga liter sehari.

- Hindari paparan langsung sinar matahari, kenakan topi atau tutupi dengan syal jika memang Anda harus ke luar ruangan di siang hari.

- Cuci rambut menggunakan shampo dua atau tiga hari sekali dan berhati-hati menyisir rambut saat basah, karena akar rambut akan melemah.

- Jangan terlalu sering menata rambut dengan alat panas seperti flat iron, catokan rambut atau hair dryer. Hindari juga bahan pewarna rambut yang terlalu keras.

Semoga bermanfaat.

Writer : hestianingsih
Source : Wolipop.com

0 komentar:

Posting Komentar