Kamis, 24 Maret 2011

Tips Kebiasaan Baik dalam Mengelola Uang



Banyak orang membuat rencana untuk mencapai berbagai tujuan penting dalam hidup, termasuk dalam hal finansial. Tapi, tidak sedikit pula yang terjebak dalam pembelanjaan impulsif dan menghambur-hamburkan uang, ketimbang menabung atau menginvestasikannya.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki kebiasaan buruk itu, sudah waktunya mengubah hal tersebut. Berikut ini adalah sejumlah tipsnya seperti dikutip situs shine.yahoo.com:

  • Susun anggaran.
Banyak orang menjalani hidup tanpa memiliki anggaran keuangannya. Padahal, cara membuatnya terbilang sederhana. Buat grafik dua kolom, dengan kolom kiri untuk mendaftar pendapatan bulanan dan kolom kanan merinci pengeluaran Anda. Buat rincian sebaik mungkin, mulai dari jenis dan jumlah pendapatan dan pengeluaran bulanan. Sertakan pula biaya kartu kredit Anda.

Dengan demikian, Anda bisa melihat seberapa banyak belanja penting dan seberapa besar penghasilan Anda dibandingkan dengan pengeluaran. Anda mungkin bahkan dapat menyisihkan sebagian dana untuk merencanakan masa depan keuangan Anda.

  • Bedakan kebutuhan dari keinginan.

Sebelum membeli apa pun, tentukan terlebih dulu apakah Anda benar-benar membutuhkan atau hanya menginginkan sesuatu itu. Terpaan iklan dan kecerdikan strategi pemasaran, menempatkan konsumen dalam posisi sulit membedakan antara kedua hal tersebut.

  • Terus belajar.
Beberapa orang tidak terlalu peduli tentang pengeluaran dan menabung. Sementara yang lainnya telanjur yakin diri mereka tidak akan pernah mampu membangun kekayaan, sehingga menghabiskan hari demi hari hanya untuk mengatasi kebutuhan jangka pendek, dan tidak memikirkan kekayaan dan pendapatan di masa tua.

Dalam kedua kasus tersebut, akar permasalahannya adalah kurangnya pendidikan. Orang-orang yang menghambur-hamburkan uang tidak mengerti nilainya, sementara mereka yang menghindari perencanaan keuangan dan investasi tidak paham potensinya. Orang mengerti lebih banyak soal keuangan, cenderung lebih rasional ketika harus membuat keputusan keuangan.

  • Tetapkan tujuan keuangan.

Individu yang memahami bagaimana dunia keuangan bekerja, cenderung lebih menggali potensi keuangan mereka sendiri. Bahkan, bukan tak mungkin mereka terdorong untuk berkonsultasi dengan penasihat keuangan, demi mendapatkan inspirasi dalam mengatur dan merencanakan tujuan finansial tertentu.


Semoga bermanfaat.


Writer : Yulia Permatasari
Source : http://www.mediaindonesia.com/mediaperempuan/index.php/read/2011/03/24/5337/9/Kebiasaan-Baik-dalam-Mengelola-Uang

0 komentar:

Posting Komentar