Senin, 14 Maret 2011

Pinggang Susut meski Berat Badan Tetap



Mulai resah karena timbangan seperti mentok di angka 62 kg atau 58 kg? Padahal, angka itu sudah Anda lihat sejak enam bulan lalu? Hm... jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk berhenti berdie, atau berhenti berolahraga. Sebab, berat badan tidak selalu menjadi patokan untuk mengukur turunnya berat badan.

Otot ternyata lebih berat daripada lemak. Jadi jika Anda meningkatkan massa otot melalui latihan, mungkin saja bentuk tubuh Anda yang menyusut, tanpa menurunkan berat badan secara keseluruhan, demikian menurut Council on Physical Fitness and Sports. Otot tidak menggantikan lemak di dalam tubuh sehingga Anda bisa memiliki otot dan lemak pada waktu yang sama.

Untuk meningkatkan massa otot sekaligus mengurangi lemak pada tubuh, Anda perlu menjalankan pola latihan dan diet yang tepat. Bila upaya yang Anda lakukan tidak menampakkan hasil sama sekali, kemungkinan Anda belum memilih metode penurunan berat badan yang tepat. Bisa jadi latihan kekuatan, aerobik, dan pola makan yang Anda lakukan bukan merupakan kombinasi yang tepat. Ketiga elemen itu dibutuhkan untuk mendapatkan tingkat kebugaran yang optimal. Bagaimana cara mengetahui metode yang tepat untuk Anda, bisa Anda diskusikan dengan dokter atau pelatih kebugaran Anda.

Yang perlu Anda ketahui, kadang-kadang angka di timbangan itu juga menyesatkan. Menurut MayoClinic.com, kehilangan berat badan dengan cepat bisa saja menunjukkan hilangnya berat air, atau bahkan jaringan ramping, dan bukannya lemak yang berusaha Anda singkirkan. Dengan metode penurunan berat badan yang sehat, kilogram akan berkurang secara perlahan sehingga Anda tidak langsung melihatnya di angka timbangan.

Kemudian, perlu Anda ingat juga, kalau berat Anda turun tanpa olahraga, Anda juga akan kehilangan lemak sekaligus otot, demikian menurut Natalie Digate Muth dari American Council on Exercise. Tanpa latihan kekuatan, aerobik, dan pola makan yang seimbang, "Duapuluh lima persen tiap berat badan yang Anda hilangkan berasal dari otot pembakaran kalori," katanya. Muth juga menjelaskan bahwa Anda sebaiknya menargetkan untuk menghilangkan satu persen lemak tubuh secara total setiap bulan.


Semoga bermanfaat.


Editor : Dini
Source : http://female.kompas.com/read/2011/03/14/11202398/pinggang.susut.meski.berat.badan.tetap

0 komentar:

Posting Komentar