Jumat, 18 Maret 2011

7 Tips Rawat Bulu Mata Agar Tidak Rontok



Bulu mata yang indah dan sehat dapat mempercantik penampilan wajah secara keseluruhan. Namun masalah yang sering terjadi, bulu mata mudah mengalami kerontokan.

Apa penyebab bulu mata rontok dan bagaimana cara mengatasinya? Dr. Gitalisa Andayani SpM, seorang ahli mata, yang ditemui saat acara L'Oreal di Plaza Kuningan, Jakarta menjelaskan, ada tiga hal menjadi penyebab gangguan pada bulu mata.

Gangguan itu terdiri dari 3H. Pertama adalah 'Health', bulu mata bermasalah karena faktor kesehatan. Obat dan terapi penyembuhan kanker juga dapat mengganggu kesehatan bulu mata.

Kedua, 'Habit'. Yaitu kebiasaan mengucek mata dan tidak membersihkan make-up juga mempengaruhi kondisi bulu mata. Sedangkan yang ketiga adalah 'Hormonal changes'. Perubahan hormon karena stres berlebihan dan melahirkan juga dapat membuat bulu mata lebih rapuh.

Untuk bulu mata indah dan sehat, diperlukan cara tersendiri untuk merawatnya, yaitu dengan tujuh langkah berikut ini :


  • Jagalah kebersihan, hapus segala make-up mata sebelum tidur. Hindari kontak dengan tangan, seperti mengucek dan memegang bulu mata, apalagi jika kondisi tangan kotor. 
  • Selektif memilih dan menggunakan produk bulu mata. Pilihlan yang mengandung protein, vitamin atau growth agents. Pastikan pilih produk berbahan aman yang telah teruji klinis dan tidak menyebabkan alergi.
  • Hati-hati dalam aplikasi make-up dan produk bulu mata. Hindari kontak produk dengan bola mata dan hindari bulu mata tercabut.
  • Diet seimbang: protein, vitamin A, B, C dan E, betacarotene dan antioksidan dan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna
  • Hindari stres berlebihan, paparan sinar UV, merokok dan konsumsi obat yang tidak diperlukan.
  • Bila ada tanda-tanda iritasi pada produk bulu mata hentikan pemakaiannya dan temui dokter.
  • Jangan lupa juga memeriksakan mata Anda berkala ke dokter mata, untuk deteksi dini dan bisa segera diatasi.


Semoga bermanfaat.


Writer : Kiki Oktaviani
Source : http://www.wolipop.com/read/2011/03/18/103815/1595203/234/tips-rawat-bulu-mata-agar-tidak-rontok

0 komentar:

Posting Komentar